• Swara Harmony Music Schoo

Emang Mama Tau Apa Tentang Musik ?

Updated: Mar 12, 2019

Musik untuk hobby dan untuk mendapatkan sertifikat untuk keperluan kerja atau melanjutkan sekolah berbeda jalurnya .

Setelah menempuh jenjang pendidikan tertentu, biasanya Anda akan dapat ijazah atau sertifikat. Ijazah sekolah bisa digunakan untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan sekolah ke tingkat selanjutnya.

Lantas, jika Anda mengikuti kursus musik, kemudian ada ujian. Lantas dapat sertifikat, itu untuk apa?

Pada sertifikat itu tercantum informasi tentang penguasaan musik Anda ada para grade berapa. Sertifikat musik bisa dikeluarkan oleh sekolah musik yang bersangkutan atau oleh lembaga yang diakui memiliki kredibilitas untuk mengeluarkan sertifikat. Levelnya pun ada yang lokal, nasional, dan internasional.

Fyi, tak sedikit orang yang memburu sertifikat internasional ini karena bisa dijadikan portofolio untuk masuk ke universitas di luar negeri. Artinya, ada sertifikat musik yang memiliki nilai tinggi, dan untuk mendapatkannya perlu perjuangan yang tidak mudah.

Untuk mendapatkan sertifikat dari The Associated Board of the Royal Schools of Music (ABRSM), misalnya, Anda diwajibkan menguasai tiga lagu dari tiga zaman musik. Bukan hanya hafal dan mampu menyanyikaan atau memainkannya dengan alat musik yang diujikan, Anda juga diwajibkan menguasai teori musiknya.

Bukan hanya musik klasik, ABRSM juga menyelenggarakan ujian untuk musik jazz ( pianojazz ). Jadi, tidak seperti umumnya pandangan orang bawah jazz itu artinya berani improvisasi, genre musik ini juga ada grammar-nya. Ada kaidahnya.

Lantas, mengapa sertifikat musik bisa digunakan sebagai portofolio untuk masuk ke perguruan tinggi nonmusik?

Dalam sebuah sertifikat bukan hanya tersimpan nilai hasil ujian tapi juga menyimpan cerita tentang proses yang sudah dijalani pemiliknya. Di sana tergambar bahwa pemiliknya sudah teruji dan berhasil mencapai sesuatu sesuai target. Artinya, dia memiliki kemampuan untuk tetap fokus pada tujuan termasuk mampu menjadi bagian dari tim.

Jadi, di Swara Harmony Anda bisa dapat sertifikat apa saja?

ABRSM, klasik dan jazz. Fast track untuk ikut ujian ini pun tersedia, tentu perlu komitmen tingkat tinggi.

Wah, saya ingin ikut program cepat bisa dan dapat sertifikat untuk keperluan melamar pekerjaan atau menjadi anggota band, misalnya. Anda pun bisa mendapatkannya.

Tapi saya tidak bisa datang les ke sekolah musiknya terus menerus. Anda juga bisa dipandu belajar secara online, sertifikat pun bisa diperoleh.

Bagaimana jika Anda memilih belajar musik sendiri dan tidak punya sertifikat apa pun? It’s definetely OK. Banyak musisi sukses yang tidak punya sertifikat musik apa pun.

Belajar sendiri, belajar di sekolah musik dengan guru, itu pilihan. Memiliki sertifikat atau tidak, itu pun pilihan.

Jadi, apakah memiliki sertifikat itu penting?

Tentu, bagi orang-orang yang siap menempuh proses yang terukur dan hasil yang terukur pula. Proses ini merupakan pilihan orang-orang yang memang siap diuji. Often, number means nothing but it does tell a lot.

Irene ujian internasional biola ABRSM di hotel Arya Duta

#sertifikat #musik #lokal #internasional #abrsm #swaraharmony

58 views

Ruko Paskal Hyper Square Blok B no 26 lantai 2, 3 & 4 | Jl Pasirkaliki no 25  - 27 

Kota Bandung, Jawa Barat 40181, Indonesia

SWARA HARMONY MUSIC SCHOOL SINCE 2004

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now