• Swara Harmony Music Schoo

Les Musik Cuma 30 Menit Dapat Apa ?

Updated: Mar 12, 2019

Lakukan survey kecil-kecilan. Tanya ke sekolah musik atau tempat kursus musik, berapa durasi lesnya per pertemuan.

Terutama buat anak-anak atau murid dewasa pada level pemula, Anda akan mendapatkan jawaban 30 menit. Mungkin ada yang durasinya 60 menit alias satu jam, tapi biasanya bukan untuk pemula.


Lantas, 30 menit itu dapat apa?

Kadang ada yang bertanya-tanya. Perjalanan pulang pergi lesnya saja dua jam, masa lesnya cuma setengah jam? Di jalannya lama, lesnya sebentar.


Berikut ini penjelasan Carolina S Yana, owner Swara Harmony Music school, yang sudah 30 tahun mengajar musik. Muridnya bervariasi dari balita sampai lansia.


Menurut Carolina, rentang perhatian murid yang baru belajar musik itu idealnya ada pada 30 menit. Saat belajar musik ( lesmusik ), bagian-bagian otak manusia bekerja secara bersamaan, sehingga energi yang diperlukan cukup besar, plus daya konsentrasi yang sangat tinggi.


Pada durasi itu konsentrasi Anda bekerja maksimal, terutama untuk yang baru belajar musik. Bersama guru yang berpengalaman, Anda akan mendapatkan materi yang berkualitas tinggi dan efektif untuk kemudian diulang-ulang di rumah.

Ada juga durasi satu jam per pertemuan untuk anak-anak, tapi biasanya materinya ditambah variasi lain misalnya permainan atau game yang mendukung kemampuan musik, sehingga anak tetap antusias belajar.

Atau, durasi 60 menit itu efektif diterapkan pada anak yang sudah cukup mahir sehingga materi dan skill yang dia kuasai cukup memadai untuk dikembangkan lebih jauh.

Atau lagi, durasi 60 menit bisa diterapkan pada murid pemula dewasa yang memiliki motivasi tinggi untuk belajar.


Ada juga sekolah musik yang menerapkan durasi 30 menit per pertemuan untuk praktik dan sebulan sekali ada kelas bersama untuk belajar teori musiknya.


Masih merasa kurang puas dengan les 30 menit?

Kelas semi privat dengan grup kecil, dua atau tiga orang, bisa dijajal. Durasinya bisa satu jam.

Misalnya, Anda mau les vokal dan ada teman yang mau les biola. Atau ada kakak adik yang sama-sama mau les piano, bisa juga les bersama dengan durasi satu jam.


Cara belajar manusia kan berbeda-beda. Ada yang cocok belajar sendiri, ada pula yang merasa nyaman jika bersama orang lain. Gaya belajar inilah yang perlu dicoba oleh anak-anak dengan panduan yang tepat.


Jika anak merasa nyaman belajar selama 30 menit dan rentang konsentrasinya ternyata bisa diperpanjang, durasi bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan.


Pada dasarnya, kunci sukses belajar musik ( kursusmusik ) adalah bimbingan yang tepat dan kemauan barlatih. 30 menit yang padat dan efektif akan mendatangkan hasil maksimal jika dilatih berulang-ulang, untuk kemudian ditingkatkan pada pertemuan berikutnya.


Nah, mau 30 atau 60 menit?


#lesmusik #kursusmusik #abrsm #bandung #klasikpopjazz #bukasetiaphari #minggubuka


Ruko Paskal Hyper Square Blok B no 26 lantai 2, 3 & 4 | Jl Pasirkaliki no 25  - 27 

Kota Bandung, Jawa Barat 40181, Indonesia

SWARA HARMONY MUSIC SCHOOL SINCE 2004

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now